Tentang Program Studi

icon front default1

 

Program Studi Sosiologi merupakan satu dari 7 (tujuh) Program Studi yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, yang jumlah peminatnya banyak dalam setiap penerimaan mahasiswa baru.

Program Studi Sosiologi memiliki sudah berkualifikasi S2, S3, dan 3 orang Guru Besar. Saat ini ada tiga bidang peminatan yang ada di Program Studi Sosiologi yakni:

  1. Peneliti Sosial;
  2. Pemberdaya Masyarakat;
  3. Pemula Perencanaan Sosial dan Pembangunan, yang juga merupakan profil lulusan Program Studi Sosiologi.

Kurikulum di Program Studi Sosiologi dirancang sesuai dengan perkembangan ilmu dan tekbnologi serta kebutuhan pengguna di dunia kerja, dalam hal ini telah dilakukan revisi kurikulum berbasis Kompetensi yang diterapkan pada mahasiswa angkatan mulai tahun 2103 s/d 2016. Sedangkan mahasiswa angkatan 2017 telah dipersiapkan kurikulum berstandar Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Mahasiswa Program Studi Sosiologi tahun 2016 berjumlah 441 orang , berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dengan sistem penerimaaan mahasiswa baru melalui jalur, SNMPTN, SBMPTN . di Program Studi Sosiologi S1 ditawarkan berbagai jenis Bea Siswa bagi mahasiswa baik yang berasal dari pemerintah, perguruan tinggi sendiri, maupun bea siswa dari perusaahan BUMN atau Swasta. Aktivitas mahasiswa Program Studi Sosiologi diwadahi dalam organisasi HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) yang bernama IMASI (Ikatan Mahasiswa Sosiologi). Dengan berbagai kegiatan antara lain; Olimpiade Sosiologi, Diskusi Karya Ilmiah melalui FREKUENSI, Festival Sosiologi, Bedah Buku, Pekan Kesehatan Sosiologi, Bakti Sosial

Data tahun 2016 jumlah Alumni Program Studi Sosiologi sebanyak 1026 orang yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia sebagai Wiraswasta, Pegawai Negeri Sipil (PNS) , Tenaga pengajar, Pegawai Swasta, Aktivis NGO dan terhimpun dalam ikatan alumni yang bernama IKBS (ikatan Keluarga Besar Sosiologi).