Prosedur Tesis

Sistem pembimbingan penelitian tesis pada Program Studi Magsiter (S2) Sosiologi FISIP USU mengacu kepada: Buku Pedoman Umum Penulisan Tesis (Gaya Penulisan Tesis Magister Sosiologi USU) dan Bagan Alir Pengusulan Tesis: dari proposal, kolokium, seminar hasil, dan ujian tesis yang diberikan kepada setiap mahasiswa. Selain itu, buku pedoman tersebut diberikan kepada komisi pembimbing sebagai acuan dalam pelaksanaan proses bimbingan pembuatan tesis. Sosialisasi dilakukan oleh Prodi mengenai panduan penulisan tesis dengan membagikan buku pedoman penulisan tesis kepada setiap mahasiswa.


Untuk mendapatkan pembimbing yang membantu dalam proses pembuatan tesis, mahasiwa harus memenuhi syarat yang ditetapkan oleh Program Studi yaitu telah lulus mata kuliah minimal 24 SKS dengan IPK minimal 3,0.


Komisi Pembimbing akan disusun oleh Ketua Program Studi dengan mempertimbangkan kesesuaian bidang ilmu, persyaratan administratif calon Komisi Pembanding. Ketua Program Studi akan mengusulkan calon Komisi Pembimbing kepada Dekan FISIP USU agar diterbitkan Surat Keputusan Komisi Pembimbing Tesis. Komisi Pembimbing terdiri dari Pembimbing Utama dan Pembimbing Anggota.


Pelaksanaan proses bimbingan pembuatan tesis direncanakan dipantau Program Studi melalui Tim Penjamin Mutu Tesis yang terdiri dari beberapa dosen di Prodi Magister Sosiologi. Adapun tugas tim penjamin mutu tesis adalah (1) Penentuan layak atau tidaknya judul tesis agar tidak terjadi duplikasi ataupun plagiarism terhadap tema tesis. (2) Memonitoring pelaksanaan pengerjaan tesis oleh mahasiswa agar tepat waktu. (3) Memeriksa jumlah rujukan yang direview oleh mahasiswa yaitu sebanyak 30% berasal buku teks dan 70% dari jurnal nasional terakreditasi dan internasional terindeks.

Panduan penulisan tesis dan gaya penulisan tesis setiap awal tahun ajaran disosialisasikan kepada mahasiswa dan disosialisasikan kembali pada acara pertemuan Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi dengan mahasiswa yang telah menyelesaikan 24 SKS